Review: Mystic in Bali (1981)

Cathy seorang wanita bule dari USA yang sedang serius menulis buku mengenai ilmu hitam. Dia telah mengunjungi berbagai Negara untuk mempelajari ilmu hitam di seluruh dunia. Setelah Cathy pergi ke Afrika untuk mempelajari Voodo, sekarang tempat terakhir yang dikunjungi untuk mencari data sebagai bahan bukunya adalah Bali. Di Bali ini terkenal ilmu hitam yang disebut dengan leak, itulah alas an Cathy pergi ke Bali. Disini, dia ditemani oleh lelaki local bernama Mahendra dimana dia akan membantu Cathy untuk mencarai data tentang ilmu hitam ini. Untuk mempelajari ilmu Leak ini, Mahendra sengaja mempertemukannya dengan sang Ratu Leak. Setelah bernegosiasi panjang, akhirnya Ratu Leak setuju mengambil Cathy sebagai muridnya. Mempelajari ilmu Leak tidak semudah yang dipikirkan, Sang Ratu leak memberikan beberapa syarat. Syarat pertama, Cathy dan Mahendra harus memberikan berlian dan juga darah segar. Sang Ratu pun menggambarkan sebuah rerajahan (gambar sakral) dipaha Cathy dengan lidahnya. Hal ini berarti Cathy sudah siap mempelajari semua ilmu leak.

Setelah mempelajari Ilmu Leak dari sang Ratu Leak, Cathy pun telah berhasil mempelajari ilmu leak. Cathy sudah bisa berubah menjadi seekor babi, ular dan menjadi sebongkah bola api yang terbang. Syarat terakhir untuk menjadi sempurna adalah dengan membunuh. Dia pun melepas kepalanya dengan organ tubuh menggelantung dan mencari ibu hamil kemudian menyedot darahnya sampai mati. Cathy merasa tidak nyaman dengan ilmunya ini. Dia pun meminta Ratu Leak untuk menghapus ilmu ini dengan syarat dia harus membunuh satu orang lagi. Tapi sang Ratu Leak berbohong, dia ternyata memanfaatkan Cathy. Mahendra pun meminta sang paman untuk menolong Cathy.

Ilmu dari Bali ini memang terkenal sekali. Leak sudah menjadi ciri khas dari Bali, kalau orang tanya “Setan dari Bali apa sih?” Jawabannya pasti Leak. Sebenarnya Leak itu bukanlah setan, hantu atau makhluk halus, Leak itu adalah ilmu, siapapun bisa mempelajarinya dengan syarat harus berani menanggung resikonya. Orang yang mempelahari ilmu leak bisa merubah dirinya menjadi bentuk apapun seperti babi, ular, monyet, pohon berjalan, bola api yang terbang. Jadi kalau nanti ke Bali terus melihat babi, monyet di tengah jalan malam, bisa dipastikan itu adalah orang yang bisa ngeLeak. Dan apa yang ada di film Mystic in Bali ini memang benar adanya.

Mystic in Bali karya sang sutradara H. Tjut Djalil (yang 7 tahun setelah film ini akan membuat Lady Terminator yang terkenal itu) merupakan film yang diadaptasi dari novel Leak Ngakak karya Putra Mada. Film ini dapat predikat cult dan sangat terkenal di luar sana, karena terkenalnya film yang aslinya memakai Bahasa Indonesia didubbing menjadi bahasa Inggris. Dulu sih film ini memang aura menyeramkannya dapat banget bahkan jadi perbincangan sama orang-orang Bali dulu karena film ini lumayan menjabarkan ilmu leak dengan detail tidak seperti film Leak(2007) yang dibintangi oleh Nadia Vega yang jelek sekali. Setelah nonton untuk yang kedua kalinya, film Mystic in Bali…sumpah weird banget dan konyol sekali, terlalu weirdnya sampai bikin saya jatuh cinta. Nggak salah memang kalau film ini dapat predikat cult.

Mystic in Bali kalau ditonton di jaman dengan teknologi yang maju sekarang memang sangat terlihat konyol dan aneh. Mulai dari makeupnya yang asal-asalan, lihat saja perubahan si Ratu Leak sama Cathy menjadi babi dan ular yang aneh, apalagi ketika si Ratu Leak yang berubah jadi babi melawan pamannya Mahendra, kelihatan seperti seorang anak kecil yang lagi main-main sama badut berkostum babi, very-very funny…menghibur. Belum lagi para pemainnya yang sangat terlihat kaku. Ilona Agathe Bastian yang berperan jadi Cathy tidak kelihatan mimik mukanya antara takut dan senang, sama aja. Yang aktingnya masih lumayan itu Yos Santo (Mahendra) dan W.D Mochtar (alm)  sebagai pamannya yang kala itu sangat terkenal. Tapi si Sofia W.D (Alm) istri dari W.D Mochtar yang jadi Ratu Leak serem banget. Cocok sekali dia berperan sebagai Ratu Leak.

Yah, Mystic in Bali atau kalau di Bali terkenal dengan judul Leak Ngakak ini memang terlihat jelek, aneh, konyol sekarang ini, tapi konyolnya itu entah kenapa bikin saya jatuh cinta. Nggak seperti film Diperkosa Setan yang memang dibuat untuk jadi film jelek. Ada sesuatu yang bikin saya jatuh cinta sama film ini, entah bagian mananya yang bikin saya merasakan hal itu. Mungkin karena film ini mengambil setting yang seratus persen di Bali jadi saya merasa beda aja. Oh ya, Adegan kepala cathy melayang-layang terus memakan bayi dari vagina ibu hamil itu nggak akan saya lupa. Sepertinya adegan ini yang jadi inspirasi salah satu film horror Thailand yang ada adegan kepala melayang-layang dengan organ tubuh terburai. Film ini nggak saya sarankan buat ditonton sih, tapi lumayanlah kalau pengen tahu. I Love this Movie terutama kepala Cathy yang mencabut tusuk gigi dari lehernya itu.

Director : H. Tjut Djalil

Writer : Jimmy Atmaja (scenario), Putra Mada (novel)

Cast : Ilona Agathe Bastian, Yos Santo, Sofia W.D. dan W.D. Mochtar

Country : Indonesia

Language : Inggris

This entry was posted in REVIEW. Bookmark the permalink.

3 Responses to Review: Mystic in Bali (1981)

  1. adaaja says:

    adegan jeroan terbangnya memang luar biasa nih nggak kalah absurd sama adegan melahirkan film anak ajaib.

  2. Qq says:

    nanti malam mau tontn ini lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>