Sigilahoror Fest #2: membahas buku SINEMA dalam sejarah: HORROR karya Mark Wilshin


Judul Buku: Sinema Dalam Sejarah: Horror
Pengarang: Mark Wilshin
Penerbit: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) 2010
Tebal Halaman: 32 Hlm, 17 cm x 24 cm
Vampire penghisap darah, zombie yang gemar makan daging manusia, para pembunuh sadis, setan-setan, hantu, dan para monster-monster jelek udah berulangkali membuat kita merasakan sensasi ketakutan. Horror, itulah genre film yang membuat kita merasakan sensasi itu. Ada suatu kepuasan apabila kita selesai menyaksikan sebuah film horror. Kadang ngeri bahkan seringkali tertawa terbahak-bahak melihat darah-darah pada ngucur (itu gw). Menonton film horror itu seperti kata temen seperti berhubungan seks..  Tapi apa kalian tahu bagaimana film horror itu dimulai? Sejak kapan para monster jelek menghantui kita? Sejak kapan para pembunuh di film slasher mulai beraksi di genre ini?

Buku berjudul SINEMA dalam sejarah: Horror karya Mark Whilsin ini akan menjawab semua itu. Buku yang merupakan terjemahan dari A Cinematic History of Horror ini berisi tentang awal sebuah film horror, orang gila & ganjil di film horror, vampire, zombie, mummi, monster, B-Movie sampai Tata Rias dalam film horror.

Di dalam Buku dengan tebal 32 halaman ini kita juga bisa mendapatkan referensi film-film serta orang yang berpengaruh dari setiap topic yang dibahas. Seperti halnya di topic zombie ada Night of The living Dead dan pembahasan sedikit tentang George A romero, di topic Pembunuh Berantai ada Psycho dan membahas Ed Gein, pembunuh berantai yang banyak menginspirasi film bertema ini. Di setiap pembahasan juga disertai dengan ilustrasi-ilustrasi yang berhubungan dengan masing-masing topic.

Satu kekurangan dari Buku dengan cover dari film Evil Dead ini, Mark Wilshin tidak membahas film ini secara mendetail, hanya sekedar memberi tahu film horror itu seperti apa. Jadi bagi yang pengen tahu lebih banyak mengenai sejarah sebuah film horror mungkin akan sedikit kecewa. Tapi meski kurang lengkap, bagi gw, film ini jelas bisa sedikit menambah pengetahuan tentang film horror itu sendiri.

Jadi bagi para penikmat film horror, buku ini bisa jadi sebuah pilihan. Selamat membaca… and keep Horror.

—–

Selanjutnya di Sigilahoror Festival 2011, wawancara dengan Sutradara Muda Berbakat, Dion Widhi Putra pukul 20.00 WITA..

Acara ini disponsori oleh:

Leave a comment